Repositori UIN Alauddin

Repositori Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar telah dioperasikan sejak Maret 2016 lalu di Perpustakaan Pusat UIN Alauddin Makassar. Namun demikian, saat itu belum ada yang ditunjuk sebagai penanggung jawab repositori ini, yang ada hanyalah inisiatif yang besar dari beberapa orang di perpustakaan ini untuk membangun media yang dapat mengorganisasikan konten-konten ilmiah digital yang ada di kampus UIN Alauddin. Sejak awal dibangun dan dioperasikan, perpustakaan melibatkan tenaga-tenaga sukarelawan mahasiswa/i dari Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin.

Setahun sejak dioperasikan, repositori ini mendapat perhatian khusus dari pimpinan kampus. Melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Mardan, M.Ag., akhirnya dibentuklah tim yang dapat bertanggung jawab dan mengorganisasikan karya-karya ilmiah civitas UIN Alauddin Makassar. Melalui SK yang ditandatangani oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, dibentuklah Tim Repositori UIN Alauddin Makassar yang beranggotakan 5 orang alumni dari Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin yang memang telah terlatih untuk menjalankan amanah mulia ini.

Perpustakaan Pusat UIN Alauddin Makassar saat ini semakin meningkatkan layanannya, baik itu kepada seluruh civitas kampus, juga kepada masyarakat luas melalui repositori ini. Bersamaan dengan dibentuknya tim ini, Peraturan Rektor mengenai repositori juga diterbitkan. Salah satu poin penting yaitu bahwa setiap alumni program D3, S1, S2, dan S3 UIN Alauddin Makassar wajib untuk memasukkan karya tulis mereka ke dalam repositori ini. Ini merupakan hal yang baru dan sangat bermanfaat, artinya karya-karya tersebut setelah dimasukkan ke dalam repositori kampus ia dapat langsung diakses seluas-luasnya oleh siapa saja.

 

Leave a reply