Workshop Peningkatan Tata Kelola Jurnal Ilmiah dan Pendampingan Arjuna

Samata (15/8/2018). Setelah 13 jurnal di Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN) Makassar terakreditasi Nasional, kini Tim Pendamping Jurnal Online UIN Alauddin Makassar kembali mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Manajemen Tata Kelola Jurnal Ilmiah dan Pendampingan Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Multimedia UPT Perpustakaan Pusat UIN Alauddin Makassar diikuti oleh 43 pengelola jurnal, baik itu jurnal-jurnal yang telah terakreditasi maupun jurnal-jurnal lainnya yang juga nantinya akan mengajukan akreditasi jurnal ilmiah.

Permenristekdikti Nomor 9 tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah mensyaratkan bahwa jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan di berbagai lembaga yang ada sebaiknya dikelola secara online dengan maksud agar tata kelolanya jauh lebih efisien namun memberikan efek yang sangat besar. Dengan dionlinekannya jurnal-jurnal ilmiah tersebut, maka kapan, di mana, dan siapun dapat mengaksesnya dengan mudah.

Pada workshop ini, beberapa jurnal dipandu agar dapat terindex di Directory of Open Access Journal (DOAJ), salah satu pengindex jurnal internasional, karena jurnal-jurnal yang ada di UIN Alauddin Makassar dapat diakses secara terbuka atau yang biasa diistilahkan dengan open access. Selain itu, jurnal-jurnal yang telah memenuhi syarat untuk terakreditasi nasional dipandu mendaftarkan pada portal Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna). Salah satu jurnal yang telah mengajukan permohonan akreditasi untuk tahap 2 bulan Agustus ini ialah MaPan : Jurnal Pendidikan Matematika dan Pembelajaran.

Dengan dilaksanakan workshop ini, diharapkan akan ada lagi jurnal-jurnal lainnya di UIN Alauddin Makassar terakreditasi Nasional di tahun 2018 ini.

Sorry, comments are closed for this post.