Mahasiswa/i JIP UIN Alauddin Mendigitalkan dan Mengonlinekan Karya Tulis Ilmiah

UPT Perpustakaan UIN Alauddin, (05/03/18). Akses informasi ilmiah semakin mudah di zaman pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Ada banyak perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi di dunia ini telah memiliki perpustakan digital yang berisi tentang informasi-informasi ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat. Keberadaan perpustakaan digital ini tentu saja memudahkan siapa saja, khususnya sivitas kampus untuk mencari informasi yang dibutuhkannya. Perpustakaan digital juga memberikan layanan 24/7, atau layanan sehari penuh (berbeda dengan layanan perpustakaan yang biasanya menyesuaikan dengan jam-jam kerja instansi pada umumnya).

Di lantai 4 gedung UPT Perpustakaan UIN Alauddin saat ini terdapat beragam koleksi referensi yang berisi dengan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat. Selain itu juga ada skripsi, tesis, disertasi, makalah, serta laporan-laporan penelitian yang telah dihasilkan oleh seluruh sivitas UIN Alauddin Makassar. Terkhusus buat laporan-laporan penelitian tersebut, banyak di antaranya telah usang. Karya tersebut adalah karya-karya tulis yang telah dihasilkan sivitas kampus ketika UIN Alauddin Makassar masih dikenal sebagai IAIN Alauddin Makassar. Karya-karya tersebut memiliki beragam subjek, namun pada umumnya berhubungan dengan Islam. Hampir sebagian besar koleksi tersebut terlihat kurang terawat dan bahkan beberapa di antaranya telah dimakan rayap. Tentu hal ini perlu ditindaklanjuti dengan segera.

Mahasiswa/i Jurusan Ilmu Perpustakaan (JIP) UIN Alauddin Makassar, yang berjumlah 88 orang, dengan arahan dari dosen mereka terlihat sedang mendigitalkan karya-karya tulis tersebut di ruang Multimedia perpustakaan. Proses digitalisasi ini tentu saja memperhatikan beberapa aspek, di antaranya sarana dan prasarana yang memadai, teori perpustakaan digital yang telah dipahami oleh para mahasiswa/i, serta audien atau siapa-siapa saja nantinya yang akan menggunakan koleksi digital tersebut. Video di bawah ini menunjukkan bagaimana para mahasiswa/i JIP mendigitalkan karya-karya tulis yang dimaksud.

Setelah karya-karya tersebut telah didigitalkan, selanjutnya para Mahasiswa/i mengonlinekannya di repositori atau perpustakaan digital UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar yang dapat diakses melalui URL https://repositori.uin-alauddin.ac.id/. Salah satu contoh yang telah dionlinekan yaitu karya yang berjudul Peta Keagamaan Sulawesi Selatan. Praktikum ini tentu memberikan wawasan baru kepada setiap Mahasiswa/i tersebut, yang mungkin saja suatu saat nanti dapat menjadi bekal mereka di dunia kerja ketika ingin membangun perpustakaan digital.

Sorry, comments are closed for this post.