Workshop Mendeley dan Deteksi Plagiat

Kegiatan yang diadakan di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar (28/11/2019) diselenggarakan oleh Jurnal Al-Kimia bekerjasama dengan prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar yang dihadiri oleh beberapa mahasiswa/i yang akan menyusun tugas akhir (skripsi), dan beberapa dosen dari prodi kimia serta laboran. Kegiatan berlangsung kurang lebih 3 jam, dimana para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai.

Jika berbica mengenai manajemen referensi maka yang paling pertama muncul dibenak orang-orang adalah bagaimana menyusun daftar pustaka dengan efektif dan efisien sehingga penyusunan daftar pustaka lebih mudah dan lebih menghemat waktu. Manajemen referensi seperti mendeley, bisa menjadi senjata bagi mahasiswa dalam menyusun tugas akhir, tidak hanya itu dalam menulis artikel jurnal akan sangat terbantu dalam penyusunan daftar referensi yang akan digunakan.

Manajemen referensi sangat berkaitan nantinya dengan uji similarity yang lebih akrab dikenal dengan uji deteksi plagiat. Banyak yang mengasumsikan bahwa, semakin tinggi tingkat similarity, maka sudah dikatakan sebagai plagiat. Akan tetapi uji deteksi plagiat hanya mengakumulasikan secara keseluruhan kemudian menjumlahkan secara keseluruhan dalam persentasi. “tidak semua paper yang disubmit yang memiliki tingkat similarity yang tinggi dapat dikatakan plagiat, akan tetapi tingkat similaritynya yang tinggi”. Uji deteksi plagiat yang umum digunakan di universitas, salah satunya adalah tunritin. Dimana dibeberapa kampus di Indonesia sudah banyak menggunakan software berbasis web ini. UIN Alauddin saat ini sudah menggunakan selama kurang lebih 2 tahun. Akan tetapi semakin tinggi tingkat similarity nya, maka yang perlu diperhatikan adalah cara melakukan pengutipan karena turnitin hanya membaca kemiripan kata, bukan tingkat plagiat. Sehingga hasilnya akan dipersentasikan diakhir dan akan diteliti kembali oleh instruktur.

 

Untuk itu, kagiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa/i dalam mengefisienkan waktunya menemukan sumber informasi relevan, dengan bantuan mendeley dalam memenage daftar pustaka yang digunakan sehingga uji similarity yang rendah dan kualitas tulisan yang diharapkan serta memberikan sumbangsih untuk penelitian yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

Sorry, comments are closed for this post.