Workshop Google Scholar, SINTA dan Repository Guru Besar UIN Alauddin Makassar (Sesi 1)

Pendaftaran akun Google Scholar guru besar UIN Alauddin Makassar yang diadakan oleh UPT Perpustakaan Syekh Yusuf (16/11) bertempat di lantai 3 ruang multimedia. sebanyak 10 guru besar menghadiri acara workshop tersebut. Pendaftaran yang dilakukan dengan menggunakan verifikasi email kampus akan membantu para guru besar untuk mendeteksi tulisan yang pernah mereka  publikasi secara online di media manapun.

Google scholar merupakan mesin index terpopuler saat ini dan banyak digunakan oleh para akademisi,  peneliti maupun yang bergelut dalam bidang pendidikan. Penggunaan Google Scholar  tidak hanya terbatas pada mesin index semata akan tetapi Google Scholar juga bisa digunakan sebagai media untuk menemukan informasi – informasi ilmiah yang diterbitkan oleh jurnal nasional bereputasi maupun jurnal internasional di seluruh dunia.

Para guru besar, dosen dan peneliti diwajibkan untuk mendaftarkan diri  di portal SINTA sesuai dengan surat edaran Kementerian Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi tanggal 07 April 2017. Dalam hal ini  untuk melakukan registrasi di SINTA salah satu persyaratan adalah memiliki akun Google Scholar. Terkhusus untuk para Guru Besar  dalam program Evaluasi Guru Besar  Tahun 2017 sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor  41 Tahun 2009 dan Pemendikbud Nomor 78 Tahun 2013 tentang Pemberian Tunjangan Profesi dan Tunjangan Kehormatan bagi Dosen yang Menduduki Jabatan  Akademik Profesor. Maka dari itu Perpustakaan Syekh Yusuf melalui acara Workshop Google Scholar, SINTA dan Repository mewadahi para guru besar UIN Alauddin Makassar dalam membuat akun publikasi online.

Leave a reply