User Education (Penelusuran Sumber Informasi) Prodi Farmasi FKIK UIN Alauddin Makassar

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan fasilitas utama dalam lembaga pendidikan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi didirikan sebagai sarana untuk mendukung Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni : pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.  Untuk menunjang kegiatan tersebut Perpustakaan Perguruan Tinggi memiliki fungsi yaitu: fungsi edukasi, sumber informasi, penunjang riset, rekreasi, publikasi, deposit,  dan interpretasi informasi. Perpustakaan menyediakan segala fasilitas dan layanan yang tentunya akan dimanfaatkan oleh pemustaka maupun civitas akademik.

Kemampuan pemustaka dalam memanfaatkan perpustakaan merupakan dasar yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Akan tetapi pemustaka di perguruan tinggi belum mampu memanfatkan perpustakaan secara optimal, namun demikian perpustakaan diharapkan lebih berperan aktif dalam  mengenalkan perpustakaan melalui pendidikan pemustaka  (user education) kepada pemustaka. User Education merupakan kegiatan pengenalan perpustakaan kepada pemustaka serta bagaimana menelusur informasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pemustaka.

Kegiatan yang diadakan oleh Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar dalam rangka memperkenalkan sumber-sumber informasi yang relevan terkait dengan bidang farmasi serta memperkenalkan database yang mereka gunakan dalam menyusun karya ilmiah nantinya. Kegiatan yang diadakan di Perpustakaan UIN Alauddin bertempat di ruang multimedia lantai 3 (20/9/2019) dihadiri oleh mahasiswa/i prodi farmasi angkatan 2017 (semester 5). Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta mampu memahami informasi sesuai dengan kebutuhan mereka dan informasi yang tepat secara tepat. Tidak hanya menelusur informasi dengan cepat dan tepat peserta juga mampu memanage daftar referensi yang akan mereka gunakan dengan menggunakan manajemen referensi seperti mendeley.

Pendidikan pemustaka dapat memberikan keterampilan literasi informasi kepada mahasiswa sehingga memungkinkan mahasiswa tidak hanya berhasil menempuh pendidikan dengan mudah namun juga memungkinkan seseorang lebih cepat dalam menemukan informasi.

Sorry, comments are closed for this post.