UKM RITMA UIN Alauddin Makassar Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah

UPT Perpustakaan (11/04/2019). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Riset, Keilmuan dan Kemitraan Masyarakat (RITMA) UIN Alauddin Makassar menggelar kegiatan pelatihan pengelolaan jurnal yang berlangsung di Ruang Multimedia UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar siang tadi pukul 13:30 – 16:00 WITA.

Materi kegiatan disampaikan oleh Taufiq Mathar, S.Pd., MLIS yang selain sebagai dosen pada Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, beliau juga bertugas sebagai editor Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan (salah satu jurnal terakreditasi Nasional), serta sebagai salah satu anggota Tim Pendampingan Jurnal Online di UIN Alauddin Makassar. Beliaulah yang dipercayakan untuk memberikan pendampingan kepada seluruh pengelola/editor jurnal yang ada di UIN Alauddin Makassar, karena dianggap memiliki pengalaman dalam mengelola jurnal dan beliau juga merasa sangat senang mengerjakan jurnal atau bergelut dalam dunia jurnal. Menurutnya, ketika membaca jurnal beliau merasa akan ada ilmu dan wawasan baru yang ia ketahui.

Pada kesempatan tersebut, pemateri menyampaikan beberapa hal di antarnya mengenai perbedaan jurnal ilmiah dengan berita yang ditulis oleh jurnalis, mekanisme pengelolaan jurnal ilmiah, etika publikasi, hingga cara menulis artikel jurnal yang baik. Sebagai pengelola jurnal ia juga memilki kewajiban untuk rajin menulis. ‘Jik ingin menjadi editor jurnal maka wajib untuk produktif menulis’, menurutnya.

“Jurnal ilmiah itu ada aturan mainnya, tidak bisa diterbitkan setiap hari, karena jurnal ilmiah memerlukan waktu dan proses yang tidak cepat untuk menyelesaikannya atau yang biasa dikenal oleh pengelola jurnal sebagai proses peer-review, proses di mana artikel-artikel jurnal tersebut akan direview oleh beberapa orang pakar untuk memperkuat substansi artikel tersebut” jelasnya

Beliau juga memberikan tips untuk menulis artikel yang baik yang didapatkannya ketika menghadiri sebuah seminar penulisan jurnal ilmiah yang disampaikan oleh pemateri dari Cambridge University Press. Menurutnya ‘untuk menulis artikel jurnal dapat menggunakan teori ABC, yaitu Accuracy (akurat), Brevity( ringkas), dan Clarity (jelas). Dengan menggunakan teori tersebut, menurutnya akan memudahkan bagi kita semua, baik itu untuk pemula maupun bagi orang yang telah lama bergelut dalam dunia jurnal dalam menghasilkan tulisan yang berkualitas. Tidak selamanya sebuah tulisan yang ditulis dengan sangat panjang itu punya kualitas yang baik, tambahnya.

Muh. Taqwa selaku ketua umum UKM RITMA periode 2019-2020 mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pengelolaan jurnal ini sangat bermanfaat bagi pengurus yang akan menerbitkan jurnal yang diberi nama Jurnal Al-Kindi Mahasiswa UIN Alauddin Makassar. Harapannya, dengan jurnal ini kawan-kawan di UKM Ritma dapat mempublikasikan setiap ide atau gagasannya pada media tersebut.

Pada sesi akhir kegiatan para peserta pelatihan jurnal diberi kesempatan untuk bertanya. Banyak dari peserta yang bertanya bagaimana bisa menerbitkan jurnal dan juga banyak yang bertanya lebih ke teknis menulis jurnal.

Selain dari apa yang dipaparkan pemateri di atas, beliau juga mengajarkan cara penulisan daftar pustaka secara otomatis sesuai dengan aturan penulisan yang diterapkan kampus UIN Alauddin. Ini tentu sangat bermanfaat, khususnya para akademisi yang selalu disibukkan dengan tugas makalah atau yang sedang dalam proses penyelesaian studi akhir.

(Penulis: Nur Washilah)

Sorry, comments are closed for this post.