Tiga Mahasiswi Prodi Ilmu Perpustakaan PPL di Repositori Perpustakaan

(Samata, 30/08/19). Tiga orang mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora melakukan PPL (Program Pengalaman Lapangan) di bagian repositori UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Mereka ialah Salmia, Puput, dan Raodah. Program ini berlangsung selama 1 bulan di mana mereka dapat memanfaatkan waktu yang singkat tersebut untuk mengenal dan merasakan secara langsung bagaimana dunia kerja sesungguhnya. Kegiatan ini penting sebagai bekal persiapan bagi mereka nanti di dunia kerja.

Sebelum melakukan aktifitas PPL ini, ketiganya terlebih dahulu diperkenalkan apa itu repositori dan bagaimana cara kerjanya. Diarahkan langsung oleh tim repositori UIN Alauddin Makassar, mereka mengikuti dengan seksama. Di repositori sendiri hingga saat ini masih terus memperkaya kontennya dengan karya-karya tulis ilmiah yang telah dihasilkan oleh seluruh sivitas UIN Alauddin, baik itu dosen ataupun mahasiswa.

Tiga mahasiswa PPL sedang mengamati dengan seksama cara kerja tim repositori UIN Alauddin Makassar

Sejak hari pertama hingga hari terakhir PPL (30/08), ketiganya telah memasukkan beberapa karya tulis ilmiah ke dalam repositori. Ada yang berupa buku, jurnal, skripsi, dan beberapa konten ilmiah lainnya. Di repositori ini juga mereka dapat mengimplementasikan teori yang didapatkannya di kelas, seperti katalogisasi, klasifikasi, pengembangan koleksi, hingga perpustakaan digital. Sekali-kali mereka juga terlihat melakukan digitalisasi beberapa buku dosen UIN Alauddin Makassar. Yang paling sering terlihat ialah ketika mereka melayani alumni yang hendak menyetorkan CD skripsinya.

Tentu saja ada pengalaman yang diperoleh ketiga mahasiswa PPL ini selama di lokasi kerjanya. Berikut ini pesan dan kesan mereka setelah menjalani satu bulan PPL di bagian repositori perpustakaan.

Raodah

Salmia

Puput

Bersama tim repositori
(Kiri-Kanan: Haruddin, Khaidir, Hijrana, Chusnul, Irawati, Satriani, dan Irmawati)

UPT Perpustakaan juga mengucapkan terima kasih kepada Program Studi Ilmu Perpustakaan yang mengutus tiga orang mahasiswa PPL untuk mendapatkan pengalaman dunia kerja di tempat ini. Terkhusus kepada ketiga mahasiswa PPL, semoga pengalaman ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Sorry, comments are closed for this post.