Sharing Session “Manajemen Sitasi dengan Mendeley”

Saat ini kemudahan dalam menulis referensi didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi, kini banyak sekali software berbasis open source yang bisa digunakan dalam memudahkan penulisan referensi. Salah satunya mendeley. Mendeley adalah software open source yang berbasis dekstop dan web yang bisa digunakan untuk menggabungkan referensi menjadi satu dalam memudahkan penulisan daftar referensi.

Menulis referensi atau daftar pustaka saat ini masih banyak yang menggunakan versi manual meskipun saat ini sudah ada manajemen referensi yang terintegrasi dengan Ms. Word. Versi manual masih diketik huruf demi huruf, kalimat yang dikutipnya. Padahal cendenrung tidak efisien. Bahkan referensi yang dicantumkan juga tidak sedikit. Kemudian kecermatan saat mengetik juga bisa berakibat pada kesalahan penulisan referensi.

Sharing session terkait dengan manajemen sitasi dengan mendeley menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh perpustakaan UIN Alauddin Makassar, Lt. 3 Ruang Mulitimedia. Tidak hanya sharing tentang mendeley, peserta juga belajar mengenai cara mengutip yang baik dan benar dengan memahami apa itu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Kegiatan ini sangat membntu mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir baik mahasiswa tingkat S1, S2, dan S3. Kegiatan ini juga sangat membantu untuk menghindari plagiarisme sehingga tulisan yang dihasilkan menjadi lebih berbobot.

Sorry, comments are closed for this post.