Sharing Session : Lebih Dekat dengan Turnitin

Setelah berhasil menggelar Festival Sesamata Fest dalam rangka memperingati milad Jurusan Ilmu Perpustakaan dengan sukses, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HIMAJIP) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar kembali menyelenggarakan kegiatan akademik berupa Sharing Session yang bertema “Lebih Dekat dengan Turnitin” di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Pusat UIN Alauddin Makassar, Senin (23/09).

Kegiatan tersebut sebenarnya diadakan dalam rangka memberikan pembekalan materi berupa pelatihan pendeteksian plagiat melalui Turnitin. Namun, Chusnul Chatimah Asmad selaku Instruktur Turnitin Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) yang diundang sebagai pemateri saat itu, menganggap kegiatan jauh lebih tepat disebut sharing session. Pasalnya, pelatihan deteksi plagiat hanya diperuntukkan bagi para dosen, pengelola jurnal, dan instruktur Turnitin setiap Fakultas.

“Saya berharap setelah kegiatan ini, kalian mampu membuat karya tulis ilmiah yang bebas plagiat, dan memiliki tingkat similarity yang rendah, kalau perlu 10%,  ungkap Chusnul di tengah di tengah sesi kegiatan.”

Dalam kegiatan tersebut, para anggota HIMAJIP dibekali materi tentang cara kerja Turnitin sebagai alat deteksi plagiat, teknik membuat akun Turnitin dengan role sebagai student dan cara penggunaannya serta alasan maraknya peniruan hasil karya ilmiah mahasiswa yang dinilai berdasarkan tingkat “similarity” (tingkat kesamaan dalam penulisan karya tulis ilmiah).

Selain itu, para peserta juga diberi kesempatan untuk langsung mempraktekkan salah satu teknik untuk menghindari plagiarisme. Antusiasme sangat terlihat di dalam ruang multimedia lt. 3 Perpustakaan pusat saat itu. Kegiatan Sharing Session tersebut seharusnya menjadi rutinitas yang perlu dipertahankan agar semangat integritas akademik di kalangan mahasiswa dapat tumbuh seiring dengan tingginya publikasi ilmiah yang berkualitas di kampus peradaban UIN Alauddin Makassar.

Sorry, comments are closed for this post.