Seminar “How to Publish in International Journals”

Samata (27/3/19). UIN Alauddin Makassar beberapa bulan lalu telah memperoleh akreditasi institusi A. Salah satu indikator penilaiannya ialah publikasi ilmiah, baik nasional maupun internasional. Untuk publikasi internasional, UIN Alauddin terus berusaha untuk meningkatkan jumlah publikasinya.
Bertempat di Ruang LT Fakultas Sains dan Teknologi (FST), telah dilaksanakan seminar tentang bagaimana mempublikasikan artikel pada jurnal internasional. Dengan menghadirkan narasumber dari Cambridge University Press (CPU), Mr. Joe Ng menyampaikan 3 tema utama yakni; tip bagaimana mengirim artikel ke jurnal internasional, bagaimana proses review artikel yang dilakukan oleh editor jurnal hingga sampai keputusan diterbitkan atau tidaknya sebuah naskah, dan bagaimana mengidentifikasi jurnal open akses yang predator. Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FST, Prof. Dr. H. Arifuddin Ahmad, M.Ag, diselenggarakan atas kerjasama UPT Perpustakaan dan Jurusan Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar.

Cambridge University Press (CPU) yang telah berdiri sejak tahun 1534 merupakan salah satu penerbit besar yang telah memiliki kantor di 50 negara. Setiap tahunnya penerbit ini mempublikasikan lebih dari 20.000 jurnal, lebih dari 2 juta artikel ilmiah dan lebih dari 200 ribu buku baru. Mr. Joe Ng sendiri telah bekerja puluhan tahun di CPU. Pada pemaparannya, Mr. Joe Ng menggambarkan seperti apa itu artikel ilmiah, bagaimana standar penyeleksian artikel ilmiah yang sering dipublikasi di CPU atau yang biasa dikenal dengan proses peer-review. Dia menambahkan jika seorang penulis ingin membuat tulisan maka selalu pertimbangkan dua hal, yaitu “mengapa dia menulis?” dan “untuk siapa dia menulis?”. Tiga hal yang perlu diingat jika seseorang dapat menulis efektif, diistilahkan dengan rumus ABC of Effective Writing, yakni “Accuracy, Brevity, Clarity“, tambahnya lagi.

Materi lengkap Mr. Joe Ng dapat dilihat di bawah ini

Download (PDF, 4.33MB)

Sorry, comments are closed for this post.