Repositori UIN Alauddin Makassar Telah Masuk Dalam Daftar Ranking Repositori Dunia

Repositori menjadi salah satu media yang membantu peran pustakawan saat ini. Kedekatan antara pengunjung dan koleksi perpustakaan kini sangat dirasakan dengan kehadiran repositori tersebut. Repositori UIN Alauddin Makassar telah dibangun sejak awal tahun 2016 lalu. Hingga saat ini, repositori ini telah memiliki ribuan karya ilmiah berupa skripsi, tesis, disertasi, artikel jurnal, makalah, prosiding yang dapat diakses secara mudah oleh siapa saja. Selain itu, juga terdapat beberapa buku-buku karya dosen, namun untuk koleksi tersebut, saat ini, aksesnya perlu dengan izin dari penulis buku-buku tersebut.

Pada tanggal 18 Juli 2017 (Selasa), repositori UIN Alauddin Makassar telah masuk dalam daftar Rangking Web Repositori. Dengan masuknya repositori ini, artinya diseminasi (penyebaran) karya-karya ilmiah yang diterbitkan oleh UIN Alauddin Makassar dapat lebih luas lagi, mengglobal. Saat ini, pada rangking tersebut, repositori UIN Alauddin Makassar berada pada urutan 2154 di dunia, 532 di Asia, dan 70 di Indonesia.

Keberadaan repositori ini tentunya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya bagi sivitas UIN Alauddin sendiri. Tiap hari, tim repositori UIN Alauddin Makassar yang berkantor di UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar melakukan penginputan karya-karya ilmiah digital yang tidak lain tujuannya agar dapat dimanfaatkan oleh para pencari informasi. Repositori ini didesain semudah mungkin untuk dimanfaatkan oleh siapa saja.

 

Leave a reply