Pelatihan Jurnal Online UIN Alauddin Makassar

Jurnal Ilmiah ialah terbitan berkala yang biasanya banyak dipublikasi di lembaga-lembaga perguruan tinggi. Jurnal ilmiah ini menghimpun karya-karya tulis ilmiah sesuai dengan kajian keilmuannya masing-masing. Biasanya ada jurnal ilmiah yang terbit tiap bulan, dua kali setahun, tiga kali setahun, empat kali setahun, atau ada juga yang terbit sekali setahun. Di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, terdapat 62 jurnal ilmiah yang hampir semuanya terbit dua kali setahun, di bulan Juni dan Desember (semua jurnal tersebut dapat diakses melalui http://journal.uin-alauddin.ac.id). Jurnal-jurnal tersebut diterbitkan oleh tiap-tiap Jurusan, Fakultas, Pascasarjana, ataupun lembaga-lembaga yang ada di UIN Alauddin Makassar. Melihat tidak sedikitnya jurnal yang diterbitkan di dalam kampus ini, maka pimpinan kampus membentuk sebuah Tim Pengelola Jurnal Online UIN Alauddin Makassar sejak Februari 2017 yang saat ini berkantor di lantai 3 Gedung UPT Perpustakaan Pusat UIN Alauddin Makassar.

Tugas pokok dari tim ini ialah mendampingi seluruh pengelola jurnal yang ada di kampus ini, yakni dengan saling berbagi pengalaman mengenai tata kelola jurnal, khususnya yang berbasis elektronik. Tentu saja amanah ini tidak mudah, karena memang mengelola sebuah jurnal ilmiah itu tidak mudah. Namun, karena telah diamanahkan oleh pimpinan kampus, maka tim ini pun telah mulai bekerja sejak Februari lalu.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan di antaranya yaitu mengadakan workshop tata kelola jurnal elektronik dengan OJS (Open Journal System) dasar dan lanjutan. Workshop ini sangat penting guna menguatkan pemahaman seluruh pengelola jurnal mengenai sistem tersebut. Dengan pemahaman yang solid, tentu saja pengelolaan jurnal-jurnal tersebut akan terlaksana secara profesional.

 

Leave a reply