Nasrum, Editor ELITE, Mewakil UIN Alauddin Menerima Sertifikat Akreditasi Jurnal Ilmiah

(Jakarta, 14/09/19). Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar terus berkembang. Mewakili kawan-kawan pengelola Rumah Jurnal, Nasrum (editor ELITE: English and Literature Journal) menghadiri rapat koordinasi pengembangan jurnal serta menerima 15 sertifikat akreditasi jurnal ilmiah untuk 15 jurnal ilmiah yang diterbitkan di UIN Alauddin Makassar pada kegiatan Penganugerahan Sinta Awards 2019. Ke 15 jurnal tersebut ialah:

Gambar 1. Daftar 15 jurnal dari UIN Alauddin Makassar mendapat sertifikat akreditasi jurnal

Rapat koordinasi pengembangan jurnal dan penyerahan sertifikat yang dihadiri oleh 120 institusi dari seluruh Indonesia ini diadakan di Jakarta Convention Center, Ruang Cenderawasih 2. Sehari sebelumnya di tempat yang sama, Nasrum juga mengikuti Indonesian Journal Editors Workshop (Scopus Selection Criteria and Evaluation Process Workshop). “Kami semakin termotivasi untuk meningkatkan jurnal yang kami kelola agar dapat naik peringkat dan kalau bisa dapat terindeks di Scopus. Dari kegiatan ini saya mendapatkan banyak ilmu mengurus jurnal”, kesannya.

Gambar 2. Nasrum (paling kiri) bersama peserta workshop Scopus lainnya

Pada kegiatan Sinta Awards 2019 ini, beberapa penulis, jurnal, dan juga institusi terproduktif yang banyak menghasilkan publikasi dan paten mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Khusus untuk jurnal, pemerintah sudah mulai mengapresiasi dan memfasilitasi para pengelola jurnal. Hibah untuk jurnal yang berprestasi akan ditingkatkan, sementara yang belum terakreditasi akan diberikan pembinaan dan pendampingan.

Gambar 3. Nasrum (paling kiri) mewakili 15 jurnal menerima sertifikat akreditasi jurnal ilmiah yang terbit di UIN Alauddin Makassar

“Penyerahan sertifikat dan award ini memotivasi kami untuk bekerja lebih giat, disiplin dan lebih inovatif”, katanya. “Bertemu dengan banyak orang yang berkecimpung di dunia jurnal, memiliki masalah yang sama merupakan hal yang mengesankan. Namun, pemerintah terus berbenah dalam penanganan jurnal ilmiah di Indonesia”, tutupnya.

Saat ini telah ada 29 jurnal ilmiah dari UIN Alauddin Makassar yang terakreditasi Nasional dengan peringkatnya masing-masing. Mereka terus berbenah, khususnya dalam meningkatkan daya saing artikel-artikel yang hendak dipublikasikan, meskipun dengan segala keterbatasannya. Publikasi ilmiah untuk kemajuan bangsa.

Sorry, comments are closed for this post.