Mahasiswa JIP PKL di Redaksi Literatify

Enam orang mahasiswi dari Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di redaksi Literatify : Trends in Library Developments, UPT Perpustakaan. Disambut dan dipandu langsung oleh Managing Editor Literatify, Karmila mengapresiasi keinginan keenam mahasiswa PKL ini untuk melakuan praktek lapangan dalam dunia perjurnalan. Pada kesempatan itu, ia memberikan pengantar tentang gambaran bagaimana sebuah jurnal itu dikelola, mulai dari pengiriman naskah dari penulis hingga naskah tersebut diterbitkan online.

Meskipun kampus masih menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) semester ini, namun untuk PKL, keenam mahasiswi ini akan melakukan praktek lapangan selama sebulan, mulai 3-31 September 2020, tentu tetap sesuai dengan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Momen ini sangat tepat bagi mereka, karena bulan September ini Literatify sedang mempersiapkan edisi Nomor 2. Beberapa penulis telah mengirimkan naskah ke email redaktur dan siap untuk diproses editin dan review, kata Karmila.

Selama sebulan ini, keenam mahasiswa PKL akan terus diperkenalkan dengan fitur-fitur pada sistem jurnal online yang digunakan Literatify. Tentu, waktu sebulan ialah waktu yang singkat untuk mengenal tata kelola jurnal ilmiah yang tingkat kompleksitasnya sangat tinggi. Namun setidaknya, mereka akan memperolah wawasan baru yang mungkin saja tidak diperolehnya di ruang perkuliahan tentang bagaimana profesi sebagai editor jurnal ilmiah.

Total Views: 40 ,

Sorry, comments are closed for this post.