Mahasiswa JIP Praktek Kerja Lapangan

UPT Perpustakaan menerima 5 orang mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (JIP) untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang. Memang setiap tahun perpustakaan selalu menerima mahasiswa magang seperti ini, bukan hanya dari jurusan Ilmu Perpustakaan, tapi jurusan-jurusan lainnya baik dari dalam ataupun dari luar kampus. Untuk mahasiswa magang yang memang dari jurusan ilmu perpustakaan, tentu akan diperkenalkan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di perpustakaan, seperti pengadaan koleksi, klasifikasi, sistem manajemen perpustakaan, transaksi peminjaman/pengembalian, pelestarian, dan banyak lainnya.

5 orang mahasiswa JIP, Suttaria, Fifieana, Nurpadilla, Nur Karimah, dan Hendrawan sudah memulai melakukan kegiatan magang mereka sejak tanggal 6 September lalu. Setelah diperkenalkan beberapa bentuk kegiatan yang di antaranya disebutkan di atas, mereka pun langsung mempraktekkan kegiatan-kegiatan yang kesehariannya dilakukan di perpustakaan ini. Dimulai dari bagian pengolahan, mereka diperkenalkan bagaimana buku-buku perpustakaan itu diadakan, diolah, hingga dilayankan. Mereka diberi kesempatan untuk memasukkan beberapa koleksi baru ke dalam sistem yang digunakan.

Gambar 1. Mahasiswa magang sedang memasukkan koleksi perpustakaan ke dalam sistem

Di bagian pengolahan, mereka juga diperkenalkan bagaimana melestarikan koleksi perpustakaan yang rusak akibat seringnya dipinjam atau yang sudah terlihat usang akibat waktu. Pelestarian ini merupakan salah satu fungsi setiap perpustakaan. Salah satu bentuk kegiatannya yaitu menjilid ulang kembali bahan-bahan bacaan yang telah rusak tersebut.

Surat-surat kabar yang dilanggan oleh perpustakaan juga diolah di perpustakaan sebelum mereka dilayankan kepada pemustakanya. Sebelum dilayankan, surat-surat kabar tersebut perlu diberi stempel perpustakaan terlebih dahulu. Sama halnya dengan koleksi perpustakaan lainnya, stempel perpustakaan ini mesti ada di setiap koleksi perpustakaan dan kegiatan ini sudah dilakukan pustakawan sejak dulu.

Gambar 2. Mahasiswa magang sedang memberi stempel perpustakaan pada surat kabar

Kegiatan lainnya yang dilakukan di perpustakaan yang umumnya dapat juga disaksikan oleh pengguna perpustakaan ialah kegiatan menata koleksi di rak atau yang dikenal dengan istilah shelving . Buku-buku yang telah dimasukkan pada sistem selanjutnya mesti ditata dengan baik dengan menyesuaikan raknya masing-masing. Perpustakaan ini menggunakan sistem DDC untuk penataan koleksi pada raknya. Mahasiswa magang terlebih dahulu ditunjukkan bagaimana agar koleksi itu tersusun rapi dan sesuai dengan tempatnya masing-masing. Kegiatan shelving seperti ini menuntut ketelitian perpustakaan agar pemustaka mudah menemukan koleksi yang mereka inginkan.

Gambar 3. Mahasiswa magang sedang melakukan shelving
Gambar 4. Mahasiswa magang melakukan shelving

Koleksi perpustakaan saat ini sudah lebih dari 20 ribu judul dan jumlah itu selalu bertambah dari tahun ke tahun dengan menyesuaikan kebutuhan pemustakanya, terkhusus kepada seluruh sivitas kampus ini. Keseluruhan koleksi tersebut ada yang dapat dipinjam ada juga yang hanya dapat dibaca atau digunakan di dalam perpustakaan. Koleksi yang dapat dipinjam dapat dilayani pada bagian sirkulasi, yakni di lantai 3 untuk pengembalian dan lantai 1 untuk peminjaman. Mahasiswa magang pun diberikan kesempatan untuk memberikan layanan tersebut kepada pemustaka yang hendak meminjam ataupun mengembalikan koleksi yang telah dipinjamnya.

Gambar 5. Mahasiswa magang melayani pemustaka yang hendak meminjam buku

Perpustakaan sejak tahun 2016 lalu mulai mengembangkan koleksinya dalam bentuk digital. Salah satunya ialah repositori. Melalui repositori ini sivitas kampus dapat mengakses skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, buku, dan beberapa karya lainnya yang telah dihasilkan oleh sivitas kampus ini. Mahasiswa magang diperkenalkan apa dan bagaimana repositori itu bekerja. Mereka diberikan kesempatan untuk memasukkan beberapa skripsi ke dalam repositori yang selanjutnya dapat diakses online.

Gambar 6. Mahasiswa magang sedang memasukkan skripsi ke repositori

Kehadiran mahasiswa magang JIP sangat diapresiasi perpustakaan. Perpustakaan selalu menerima mahasiswa magang yang ingin mengenal dan merasakan lebih jauh lagi seperti apa aktifitas keseharian di perpustakaan. Dengan waktu 1 bulan ini, semoga mereka bisa menyentuh kegiatan-kegiatan lainnya di perpustakaan seperti digitalisasi, weeding, dan penerbitan Literatify: Trends in Library Development, yakni jurnal yang diterbitkan perpustakaan, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Selamat ber-PKL.

Total Views: 132 ,

Sorry, comments are closed for this post.