Launching Tim Pendampingan Jurnal Online UIN Alauddin

Pada tahun 2019 nanti, UIN Alauddin akan mengajukan akreditasi institusi. Ada banyak indikator sehingga sebuah institusi dapat meraih akreditasi yang terbaik, salah satunya yakni publikasi ilmiah. Media publikasi ilmiah itu sendiri beragam jenisnya, termasuk jurnal. Sebagai institusi besar, hingga saat ini UIN Alauddin telah memiliki 67 jurnal ilmiah, yang mana beberapa di antaranya ialah jurnal-jurnal baru yang terbit pada tahun 2017 lalu, dan rencananya akan ada 3 jurnal lagi yang akan terbit pada tahun 2018 ini.

Banyaknya jurnal ilmiah di kampus ini membuka peluang bagi para dosen/peneliti, bahkan para peneliti pemula untuk dapat menerbitkan karya-karya tulis ilmiahnya. Namun disayangkan, tidak semua jurnal-jurnal tersebut konsisten dalam penerbitannya yang tentu saja disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kurangnya kebijakan yang mendukung, sumber daya manusia yang berkompeten, sulitnya menemukan tulisan, hingga rendahnya minat mengelola jurnal karena kurangnya bentuk penghargaan, dan sebagainya.

Di tahun 2018 ini, Rektor UIN Alauddin selaku penanggung jawab dan Wakil Rektor I selaku ketua, membentuk Tim Pendampingan Jurnal Online UIN Alauddin. Tim yang akan berkantor di Rumah Jurnal di UPT Perpustakaan UIN Alauddin ini ditugasi untuk melanjutkan pekerjaan yang telah dilakukan oleh tim yang juga sebelumnya dibentuk tahun lalu, yakni kembali memberikan asistensi tata kelola jurnal sesuai standar Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA), serta memberikan penguatan lebih kepada para pengelola-pengelola jurnal di kampus.

Diundang langsung oleh Ketua Tim, Prof. Dr. Mardan, M.Ag. di ruang kerjanya, mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota tim atas kesediaannya mengemban amanah ini. Selain itu, beliau juga memberikan semangat dan motivasi serta dukungan penuh kepada apapun yang hendak dilakukan oleh tim pendampingan jurnal ini selama itu baik untuk kemajuan dan pengembangan institusi.

Anggota tim pendampingan berjumlah 7 orang, yakni:

  1. Dr. Irwan Misbach, S.E., M.Si
  2. Marwati, ST., MT
  3. Aisyah, S.Si., M.Si
  4. Zaenal Abidin, S.S., M.HI
  5. Andi Dian Angriani, S.Pd., M.Pd
  6. Reza Maulana, S.Kom., M.Kom
  7. Taufiq Mathar, S.Pd., MLIS

Pada rapat pertama tim pendampingan jurnal online ini, beberapa hal penting dibahas, yakni pengklasteran jurnal-jurnal yang ada di kampus, agenda workshop yang dapat diadakan, Sinta dan Arjuna, indeksasi jurnal, peningkatan sitasi, hingga yang tak kalah penting yaitu alokasi anggaran peningkatan tata kelola jurnal pada tahun 2018 ini. Selain itu, tim ini juga akan berusaha membangun komunikasi yang intensif dengan seluruh pengelola jurnal yang ada di kampus, khususnya jurnal-jurnal yang memiliki kendala besar dalam pengelolaan jurnal.

Tentu dengan kehadiran tim pendampingan ini, UIN Alauddin mengharapkan akan adanya jurnal-jurnal yang terakreditasi nasional, atau bahkan mempunya reputasi internasional. Dari data sebelumnya, telah ada beberapa jurnal yang insya Allah dalam waktu dekat ini jurnal-jurnal tersebut akan terakreditasi nasional terlebih dahulu.

Sorry, comments are closed for this post.