Kelas Mendeley bagi Mahasiswa Jurusan Kimia

Samata (28/3/19). Mendeley merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh penulis untuk mengorganisasikan referensinya. Dengan adanya aplikasi ini, seorang penulis bisa lebih menghemat waktu dalam mengorganisasikan setiap rujukan yang dikutipnya, karena memang terkadang untuk membuat sebuah halaman referensi atau daftar pustaka juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi jika sebuah tulisan itu memiliki kutipan yang banyak.

Bertempat di Ruang Multimedia UPT Perpustakaan, mahasiswa Jurusan Kimia FST semester 2 belajar menggunakan aplikasi Mendeley yang disampaikan oleh Hijrana, pustakawan UPT Perpustakaan. Mahasiswa yang berjumlah 40 orang ini juga didampingi oleh 2 orang dosen mereka yakni Ummi Zahra, S.Si., M.Si dan Firnanelty, S.Si., M.Si. Ini merupakan bagian materi dari mata kuliah “Kajian Pustaka”, menurut Ummi Zahra. Pada kesempatan tersebut, pemateri mengawali dengan menggambarkan secara singkat kasus-kasus kesalahan dalam pengutipan dan manfaat menggunakan Mendeley. Seluruh mahasiswa membawa laptopnya masing-masing untuk menginstal aplikasi tersebut. Setelah instalasi selesai, pemateri pun masuk ke materi inti yakni bagaimana mengoperasikan Mendeley.

Di perguruan tinggi, aplikasi semacam ini sangat mendukung setiap sivitas akademika, baik itu untuk mengerjakan tugas-tugas makalah ilmiah, skripsi, tesis, disertasi, atau juga menulis artikel jurnal atau buku.

Sorry, comments are closed for this post.