Terima Kasih atas Pengabdiannya, Chusnul Chatimah Asmad

Tahun 2015 lalu, di akhir-akhir masa studinya di Jurusan Ilmu Perpustakaan, Chusnul memulai pengabdiannya di Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora. Ketika itu, ia berkontribusi dalam penataan ulang manajemen perpustakaan baik secara fisik maupun non fisik yang mana hingga hari ini hasil kerja-kerja tersebut masih dapat dijumpai di perpustakaan fakultas tersebut. Di waktu yg bersamaan, ia juga terlibat dalam tata kelola beberapa jurnal ilmiah yang ada di kampus, di antaranya Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, dan Jurnal Adabiyah. Saat ini ia pun masih aktif terlibat.

Setahun setelah menyelesaikan studinya, tahun 2016, bersama dengan beberapa kawannya yang lain, ia menyeberang ke UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar untuk kembali mengabdi. Ketika itu, selain membantu layanan perpustakaan,ia juga ditugaskan untuk mendata seluruh jurnal-jurnal ilmiah yg dikelola di kampus ini. Untuk itu, ia terlibat pada sebuah tim yg dibentuk oleh Wakil Rektor 1, diberi nama Tim Publikasi Jurnal Online UIN Alauddin Makassar yang beranggotakan 9 orang. Dari pendataan tersebut, penataan ulang kembali paradigma pengelolaan jurnal ilmiah di kampus mulai dilaksanakan.

Tahun 2017 hingga masa akhir pengabdiannya di UPT Perpustakaan tahun 2020, kesehariannya disibukkan oleh repositori, di mana ketika itu repositori merupakan suatu kegiatan yang baru di UPT Perpustakaan. Pengabdiannya pada jurnal tetap berlanjut, meskipun satu bentuk layanan lainnya dilakoninya, yaitu Turnitin. Turnitin juga merupakan bentuk layanan baru di perpustakaan menjadi kesibukan Chusnul, bahkan di luar jam kantor sekalipun masih tetap melayani para mitra kerjanya (mahasiswa maupun dosen).

Masih banyak bentuk-bentuk pengabdian lain yang telah dilakukannya namun tidak dapat disebutkan satu per satu di sini. Yang jelasnya, ia selalu bekerja secara profesional dan penuh integritas. Terpilihnya ia sebagai ASN di tempat lain menjadikannya harus pergi untuk mengabdi pada tempat baru tersebut. Dengan bekal pendidikan dan pengalaman yang diperolehnya selama ini, tempat yang menjadi tujuan barunya tersebut akan dipenuhi dengan keberkahan dengan kehadirannya, insyaAllah.

UIN Alauddin Makassar, terkhusus UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, menghaturkan banyak terima kasih atas jasa-jasanya selama lebih dari 5 tahun terakhir ini. Hanya Allah swt pemberi balasan yang terbaik. Semoga ia senantiasa dilindungi-Nya dan selalu diberi kemudahan dalam rutinitas di tempat barunya. Selamat mengabdi kembali dan sukses selalu buatnya.

Mahasiswa JIP PKL di Redaksi Literatify

Enam orang mahasiswi dari Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di redaksi Literatify : Trends in Library Developments, UPT Perpustakaan. Disambut dan dipandu langsung oleh Managing Editor Literatify, Karmila mengapresiasi keinginan keenam mahasiswa PKL ini untuk melakuan praktek lapangan dalam dunia perjurnalan. Pada kesempatan itu, ia memberikan pengantar tentang gambaran… Continue Reading

Konsultasi tentang Plagiasi dalam Sharing Session bersama Tim Instruktur Turnitin UINAM

(15/07/20) Tim Instruktur Turnitin mengadakan kegiatan sharing session sebagai bentuk kepedulian mereka kepada seluruh mahasiswa UIN Alauddin Makassar agar terhindar dari plagiat sehingga mampu menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengarahkan kepada kejujuran intelektual, menyebutkan secara jujur sumber rujukan yang di gunakan atau di kutip sehingga tidak melakukan praktik-praktik… Continue Reading

Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Flash Fiction Challenge “Aku Cinta Perpustakaan”

Dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April 2020, UPT Perpustakaan UIN Alauddin menyelenggarakan challenge flash fiction dengan tema “aku cinta perpustakaan”, demi menumbuhkan semangat literasi di kalangan mahasiswa dan alumni UIN Alauddin Makassar. Terima kasih kami ucapkan kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dalam challenge ini. Sebagaimana ketentuan awal sebelumnya,… Continue Reading